Rabu, 11 April 2012

SATUAN LAYANAN KONSELING


SATUAN LAYANAN KONSELING

A.    Topik Bahasan       : Memiliki kesadaran dan dorongan yang kuat untuk menguasai ilmu, teknologi dan seni yang menjadi program sekolah.
B.    Bidang Bimbingan  : Bimbingan Pribadi
C.    Jenis Layanan        : Layanan Konseling Individual
D.   Fungsi Layanan      : Pengentasan
E.    Tujuan Layanan      : Setelah konseli menerima layanan konseling individu ini, konseli mampu menyelesaikan masalah yang dihadapinya, merasa percaya diri, tidak  malas belajar, dapat memahami dirinya sendiri, sehingga dapat menyesuaikan diri secara optimal dalam mengikuti pelajaran maupun pergaulan di sekolah.
F.    Sasaran Layanan    : Konseli (GLP) / X.2
G.   Materi Layanan      :
1.    Pemahaman diri tentang kelebihan dan kekurangan yang dimiliki (Potensi yang dimiliki).
2.    Manfaat pelajaran/ ilmu pengetahuan bagi masa depan
3.    Hal-hal yang dapat menumbuhkan rasa percaya diri
4.    Penyesuaian diri
H.   Rencana Kegiatan   :
1.    Hari/ tanggal    : Selasa, 3 November 2009
2.    Tempat            : Ruang Konseling
3.    Metode            : Wawancara
I.     Rencana Penilaian  :
1.    Bagaimana partisipasi konseli dalam mengikuti pelayanan ini.
2.    Hambatan-hambatan yang terjadi saat layanan ini dilaksanakan .
3.    Bagaimana tanggapan konseli setelah menerima layanan ini.
4.    Perubahan yang dilakukan setelah konseli menerima layanan ini.
J.     Tindak Lanjut        :
Tindak lanjut dari kegiatan pelayanan ini adalah memantau perubahan tingkah laku konseli sehari-hari di sekolah, yaitu pengamatan perilaku konseli dan menanyakan kepada teman akrabnya.
K.    Catatan Khusus      :
Setelah pelaksanaan layanan ini konseli datang ke ruang BK, konseli merasa senang karena sudah bisa mengurangi perasaan minder, perasaan malas belajar masih ada. Konseli minta pendapat serta saran-saran agar dapat lebih percaya diri dan tidak malas belajar.
                                                            Mojokerto, 3 November 2009
                                                            Guru Pembimbing,



                                                            Edy Sucahyono, S.Psi
                                                            Nip.19731017 200501 1 009

SATUAN LAYANAN KONSELING

A.   Topik Bahasan       : Memiliki kemampuan bertingkah laku dan berhubungan sosial, baik di rumah, di sekolah, maupun di masyarakat luas dengan menjunjung tinggi tata krama, sopan santun, serta nilai-nilai agama, adat, hukum, ilmu, dan kebiasaan yang berlaku.
B.    Bidang Bimbingan  : Bimbingan Sosial
C.   Jenis Layanan        : Layanan Konseling Individual
D.   Fungsi Layanan      : Pengentasan
E.    Tujuan Layanan      : Setelah konseli menerima layanan konseling individu ini, konseli mampu menyelesaikan masalah yang dihadapinya, dapat berperilaku baik sesuai nilai-nilai kehidupan di sekolah tanpa ada perasaan minder.
F.    Sasaran Layanan    : Konseli (BA) / X.6
G.   Materi Layanan      :
1.    Pemahaman diri tentang kelebihan dan kekurangan yang dimiliki (Potensi yang dimiliki).
2.    Nilai-nilai kehidupan
3.    Tata krama siswa
H.   Rencana Kegiatan   :
1.    Hari/ tanggal    :  Sabtu, 24 Oktober 2009
2.    Tempat            : Ruang Konseling
3.    Metode            : Wawancara
I.     Rencana Penilaian  :
1.    Bagaimana partisipasi konseli dalam mengikuti pelayanan ini.
2.    Hambatan-hambatan yang terjadi saat layanan ini dilaksanakan .
3.    Bagaimana tanggapan konseli setelah menerima layanan ini.
4.    Perubahan yang dilakukan setelah konseli menerima layanan ini.
J.    Tindak Lanjut        :
Tindak lanjut dari kegiatan pelayanan ini adalah memantau perubahan tingkah laku konseli sehari-hari di sekolah, yaitu pengamatan perilaku konseli dan menanyakan kepada teman akrabnya.
K.    Catatan Khusus      :
Kondisi ekonomi orang tua tergolong kurang mampu. Konseli orang yang pendiam.

                                                            Mojokerto,24 Oktober 2009
                                                            Guru Pembimbing,




                                                            Edy Sucahyono, S.Psi
                                                            Nip.19731017 200501 1 009


SATUAN LAYANAN KONSELING

A.   Topik Bahasan       : Memiliki kemampuan memahami kelemahan diri dan usaha-usaha penanggulangannya dan kemampuan memahami kondisi dan peraturan sekolah serta upaya pelaksanaannya secara dinamis dan bertanggung jawab.
B.    Bidang Bimbingan  : Bimbingan Pribadi/Sosial
C.   Jenis Layanan        : Layanan Konseling Individual
D.   Fungsi Layanan      : Pengentasan
E.    Tujuan Layanan      : Setelah konseli menerima layanan konseling individu ini, konseli mampu menyelesaikan masalah yang dihadapinya, dapat berperilaku baik sesuai dengan peraturan tata tertib sekolah dan kehendak orang tua.
F.    Sasaran Layanan    : Konseli (EEM) / XI.BAHASA
G.   Materi Layanan      :
1.    Pemahaman diri tentang kekurangan yang dimiliki
2.    Cara mengatasi kelemahan yang dimiliki
3.    Tatakrama
4.    Peraturan sekolah/ Tata tertib siswa
H.   Rencana Kegiatan   :
1.    Hari/ tanggal    : Sabtu, 12 Desember 2009
2.    Tempat            : Ruang Konseling
3.    Metode            : Wawancara
I.     Rencana Penilaian  :
1.    Bagaimana partisipasi konseli dalam mengikuti pelayanan ini.
2.    Hambatan-hambatan yang terjadi saat layanan ini dilaksanakan .
3.    Bagaimana tanggapan konseli setelah menerima layanan ini.
4.    Perubahan yang dilakukan setelah konseli menerima layanan ini.
J.    Tindak Lanjut        :
Tindak lanjut dari kegiatan pelayanan ini adalah memantau perubahan tingkah laku konseli sehari-hari di sekolah, mengecek absensi dan pengamatan perilaku konseli serta menanyakan kepada teman akrabnya.
K.    Catatan Khusus      :
Kondisi ekonomi orang tua mampu, tetapi dalam perhatian/ kontrol kurang khususnya berangkat dan pulang sekolah.

                                                       Mojokerto,12 Desember 2009
                                                       Guru Pembimbing,




                                                       Edy Sucahyono, S.Psi
                                                       Nip.19731017 200501 1 009



CH. 87
 
SMA NEGERI 1 PURI KABUPATEN MOJOKERTO
BIRO BIMBINGAN DAN KONSELING


KARTU KONSELING


                       Nama Klien                    : GADIS LARASATI PERDANA
                      Kelas / Smt / T.P. : X.2 / I / 2009-2010
                      Siklus ke              : 1
                      Hari, Tgl, Jam       : Kamis,15 Oktober 2009, 09.00 Wib

I.   ANALISA DATA :
     1.  Keluhan awal   :   - Setiap mengikuti pelajaran malas, tidak ada semangat untuk belajar.
- Kadang-kadang mengantuk
- Merasa tidak bisa mengikuti pelajaran.
- Pernah dinasehati wali kelas
- Ditegur tim tatib karena melanggar peraturan sekolah
     2.  Data Commulative Record yang relevan untuk ditampilkan :
          - AUM (Angket Ungkap Masalah) konseli mengalami masalah pribadi dan kebiasaan belajar.

II.  DIAGNOSA
     Identifikasi Masalah :
     Kesehatan Fisik                                Hubungan dengan keluarga
     Kesehatan Mental                             Penggunaan waktu luang
     Ekonomi                                    V   Belajar di Sekolah
    Penyesuaian sosial                       V   Belajar di Rumah
 V  Pemahaman diri                                Menghadapi tes
     Nilai / Ideologi                            V   Muda – mudi

III. THREATMENT
     Pendekatan konseling yang relevan :
       V Client centered
          Directive
          Psikoanalisa

     Alternatif penyelesaian masalah : pemenuhan terhadap kekurangan-kekurangan :
       V Informasi                                        Hubungan baik dengan diri
          Pengalaman                                    Hubungan baik dengan sesama
          Skill                                               Hubungan baik dengan lingkungan alam
       V Kebutuhan dasar fisik                             Hubungan baik dengan Tuhan
     Uraian kongkrit inventarisasi alternatif :
1.    Layanan Konseling Individual
2.    Layanan informasi tentang Motivasi belajar dan tatatertib sekolah
3.    Layanan Penguasaan konten tentang konsentrasi dalam belajar
4.     

IV.      REFLEKSI
          Sudah tuntas, dengan tindak lanjut pengembangan
       V Belum tuntas, dengan rencana tindak lanjut siklus konseling berikutnya.

                                                                             Mojokerto, 15 Oktober 2009
                                                                             Konselor,



Edy Sucahyono, S.Psi
Nip. 19731017 200501 1 009

CH. 87
 
SMA NEGERI 1 PURI KAB. MOJOKERTO
BIRO BIMBINGAN DAN KONSELING


KARTU KONSELING


                       Nama Klien                    : GADIS LARASATI PERDANA
                      Kelas / Smt / T.P. : X.2 / I / 2009-2010
                      Siklus ke              : 2
                      Hari, Tgl, Jam       : Selasa, 27 Oktober 2009, 10.20 Wib

I.   ANALISA DATA :
     1.  Keluhan awal   :   - Masih kurang semangat untuk belajar.
- Saat pelajaran masih mengantuk
- Dirumah dimarahi orang tua (ayah)
- Tidak masuk sekolah bermain play station
     2.  Data Commulative Record yang relevan untuk ditampilkan :
          - AUM (Angket Ungkap Masalah) konseli mengalami masalah pribadi dan kebiasaan belajar

II.  DIAGNOSA
     Identifikasi Masalah :
     Kesehatan Fisik                           V   Hubungan dengan keluarga
     Kesehatan Mental                             Penggunaan waktu luang
     Ekonomi                                    V   Belajar di Sekolah
    Penyesuaian sosial                       V   Belajar di Rumah
 V  Pemahaman diri                                Menghadapi tes
     Nilai / Ideologi                            V   Muda – mudi

III. THREATMENT
     Pendekatan konseling yang relevan :
V   Client centered
            Directive
            Psikoanalisa

     Alternatif penyelesaian masalah : pemenuhan terhadap kekurangan-kekurangan :
       V Informasi                                   V   Hubungan baik dengan diri orang tua
          Pengalaman                                    Hubungan baik dengan sesama
          Skill                                               Hubungan baik dengan lingkungan alam
       V Kebutuhan dasar fisik                             Hubungan baik dengan Tuhan
     Uraian kongkrit inventarisasi alternatif :
1.    Layanan Konseling Individual
2.    Layanan informasi tentang perlunya ilmu pengetahuan bagi masa depan.

IV.      REFLEKSI
          Sudah tuntas, dengan tindak lanjut pengembangan
       V Belum tuntas, dengan rencana tindak lanjut siklus konseling berikutnya.

                                                                             Mojokerto, 27 Oktober 2009
                                                                             Konselor,



Edy Sucahyono, S.Psi
Nip. 19731017 200501 1 009

CH. 87
 
SMA NEGERI 1 PURI KAB. MOJOKERTO
BIRO BIMBINGAN DAN KONSELING


KARTU KONSELING


                       Nama Klien                    : GADIS LARASATI PERDANA
                      Kelas / Smt / T.P. : X.2 / I / 2009-2010
                      Siklus ke              : 3
                      Hari, Tgl, Jam       : Selasa,3 November 2009, 08.30 Wib


I.   ANALISA DATA :
     1.  Keluhan awal   :   - Masih kurang semangat untuk belajar.
- Malas masuk sekolah (berangkat sekolah tetapi tidak masuk sekolah, pergi bermain play station
- Ada keinginan yang tidak dipenuhi orang tua
     2.  Data Commulative Record yang relevan untuk ditampilkan :
          - AUM (Angket Ungkap Masalah) konseli mengalami masalah pribadi dan kebiasaan belajar dan masalah keluarga.


II.  DIAGNOSA
     Identifikasi Masalah :
     Kesehatan Fisik                           V   Hubungan dengan keluarga
     Kesehatan Mental                             Penggunaan waktu luang
     Ekonomi                                    V   Belajar di Sekolah
    Penyesuaian sosial                       V   Belajar di Rumah
 V  Pemahaman diri                                Menghadapi tes
     Nilai / Ideologi                            V   Muda – mudi

III. THREATMENT
     Pendekatan konseling yang relevan :
V   Client centered
            Directive
            Psikoanalisa

     Alternatif penyelesaian masalah : pemenuhan terhadap kekurangan-kekurangan :
       V Informasi                                   V   Hubungan baik dengan diri orang tua
          Pengalaman                                    Hubungan baik dengan sesama
          Skill                                               Hubungan baik dengan lingkungan alam
       V Kebutuhan dasar fisik                        V   Hubungan baik dengan Tuhan
     Uraian kongkrit inventarisasi alternatif :
3.    Layanan Konseling Individual
4.    Layanan informasi tentang perlunya ilmu pengetahuan bagi masa depan.

IV.      REFLEKSI
      V  Sudah tuntas, dengan tindak lanjut pengembangan
          Belum tuntas, dengan rencana tindak lanjut siklus konseling berikutnya.

                                                                             Mojokerto, 3 November 2009
                                                                             Konselor,



Edy Sucahyono, S.Psi
Nip. 19731017 200501 1 009

SMA NEGERI 1 PURI KAB. MOJOKERTO
CH. 87
 
BIRO BIMBINGAN DAN KONSELING

KARTU KONSELING

                       Nama Klien                    : BAGUS ANINDITYO D
                      Kelas / Smt / T.P. : X.6 / I / 2009-2010
                      Siklus ke              : 1
                      Hari, Tgl, Jam       : Rabu, 7 Oktober 2009, 08.30 Wib




I.        ANALISA DATA :
a.    Keluhan awal :
1). Konseli merasa malu bila berkumpul dengan teman-teman.
2). Konseli malu untuk belajar dirumah dan di sekolah
3). Konseli merasa minder
b.    Data komulatif rekord yang relevan untuk ditampilkan :
1). Hasil angket ungkap masalah (AUM) konseli mengalami masalah pribadi dan penyesuaian sosial
II.      DIAGNOSA
Identifikasi Masalah :
Kesehatan                                               Rekreasi/Hobi/ Waktu Luang
        Keadaan Ekonomi                            V      Penyesuaian terhadap sekolah
V      Keluarga                                                Penyesuaian terhadap kurikulum
        Agama dan Moral                                    Masa depan / Jabatan
V      Pribadi                                            V      Kebiasaan Belajar
V      Hub. Sosial dan Berorganisasi                    Muda-Mudi / Asmara

III.   THREATMENT
Pendekatan konseling yang relevan :
V      Client centered
        Directive      
        Psikoanalisa

IV.     REFLEKSI / TINDAK LANJUT
        Sudah tuntas, dengan tindak lanjut pengembangan
V      Belum tuntas, dengan rencana tindak lanjut siklus konseling berikutnya.

                                                                             Mojokerto, 7 Oktober 2009
                                                                             Konselor,



Edy Sucahyono, S.Psi
Nip. 19731017 200501 1 009

SMA NEGERI 1 PURI KAB. MOJOKERTO
CH. 87
 
BIRO BIMBINGAN DAN KONSELING

KARTU KONSELING

                       Nama Klien                    : BAGUS ANINDITYO D
                      Kelas / Smt / T.P. : X.6 / I / 2009-2010
                      Siklus ke              : 2
                      Hari, Tgl, Jam       : Sabtu, 24 Oktober 2009, 10.20 Wib




I.            ANALISA DATA :
a.    Keluhan awal :
1). Konseli merasa malu bila berkumpul dengan teman-teman.
2). Konseli malu untuk belajar dirumah dan di sekolah
3). Konseli merasa minder
b.  Data komulatif rekord yang relevan untuk ditampilkan :
1). Hasil angket ungkap masalah (AUM) konseli mengalami masalah pribadi dan penyesuaian sosial
II.          DIAGNOSA
Identifikasi Masalah :
Kesehatan                                               Rekreasi/Hobi/ Waktu Luang
        Keadaan Ekonomi                            V      Penyesuaian terhadap sekolah
V      Keluarga                                                Penyesuaian terhadap kurikulum
        Agama dan Moral                                    Masa depan / Jabatan
V      Pribadi                                            V      Kebiasaan Belajar
V      Hub. Sosial dan Berorganisasi                    Muda-Mudi / Asmara

III.        THREATMENT
Pendekatan konseling yang relevan :
V      Client centered
        Directive      
        Psikoanalisa

IV.         REFLEKSI / TINDAK LANJUT
V      Sudah tuntas, dengan tindak lanjut pengembangan
        Belum tuntas, dengan rencana tindak lanjut siklus konseling berikutnya.

                                                                             Mojokerto, 24 Oktober 2009
                                                                             Konselor,



Edy Sucahyono, S.Psi
Nip. 19731017 200501 1 009
SMA NEGERI 1 PURI KAB. MOJOKERTO
CH. 87
 
BIRO BIMBINGAN DAN KONSELING

KARTU KONSELING

                       Nama Klien                    : ERWIN EKA M
                      Kelas / Smt / T.P. : XI.BAHASA / I / 2009-2010
                      Siklus ke              : 1
                      Hari, Tgl, Jam       : Sabtu, 12 Desember 2009, 10.20 Wib




I.            ANALISA DATA :
a.    Keluhan awal :
1). Konseli merasa malu bila berkumpul dengan teman-teman.
2). Konseli malu untuk belajar dirumah dan di sekolah
3). Konseli merasa minder
b.  Data komulatif rekord yang relevan untuk ditampilkan :
1). Hasil angket ungkap masalah (AUM) konseli mengalami masalah pribadi dan penyesuaian sosial
II.          DIAGNOSA
Identifikasi Masalah :
Kesehatan                                               Rekreasi/Hobi/ Waktu Luang
        Keadaan Ekonomi                            V      Penyesuaian terhadap sekolah
V      Keluarga                                                Penyesuaian terhadap kurikulum
        Agama dan Moral                                    Masa depan / Jabatan
V      Pribadi                                            V      Kebiasaan Belajar
V      Hub. Sosial dan Berorganisasi                    Muda-Mudi / Asmara

III.        THREATMENT
Pendekatan konseling yang relevan :
V      Client centered
        Directive      
        Psikoanalisa

IV.         REFLEKSI / TINDAK LANJUT
V      Sudah tuntas, dengan tindak lanjut pengembangan
        Belum tuntas, dengan rencana tindak lanjut siklus konseling berikutnya.

                                                                             Mojokerto, 12 Desember  2009
                                                                             Konselor,



Edy Sucahyono, S.Psi
Nip. 19731017 200501 1 009

STATUS KONSELING

I.        IDENTITAS
Klien/ Konseli
1.    Nama panggilan                         : Gadis
2.    Tempat, tanggal lahir                 : Mojokerto, 17 September 1993
3.    Agama                                      : Islam
4.    Anak ke, dari sejumlah Keluarga  : ke 1  dari   bersaudara
    
5.    Nama Orang Tua                        : Ayah        : Purnomo
                                                      Ibu           : Rusminah
6.    Pekerjaan                                  : Ayah        :  Karyawan
                                                      Ibu           : -
7.    Alamat rumah orang tua             : Jl. Brawijaya Kota Mojokerto
8.    Kelas / Tahun Pelajaran              : X.2 /    2009-2010
                                                    : -
                                                    : -
9.    No. Induk Siswa/ NIB                 : 9123 / E.X.2.9

II.     STATUS
No.
Hari, tanggal
Hasil Konseling
Catatan
Tanda tangan
Konseli
Konselor
1.
Kamis
15-10-2009
Konseli berusaha melatih diri mengatur dan memanfaatkan waktu untuk belajar
Konseli berusaha memotivasi dirinya untuk belajar.
Pertemuan ke 1


2.
Selasa
27-10-2009
Konseli berusaha agar bisa aktif masuk sekolah
Konseli berusaha berperilaku lebih dalam komunikasi dengan orang tua
Pertemuan ke 2


3.
Selasa,
3-11-2009
Konseli berusaha mencaritahu tentang manfaat ilmu pengetahun untuk masa depan
Konseli berusaha mengerti kemauan orang tua dan keadaan ekonomi orang tua
Pertemuan ke 3







                                                                             Mojokerto, 3 November 2009
                                                                             Konselor,



Edy Sucahyono, S.Psi
Nip. 19731017 200501 1 009

STATUS KONSELING

I.        IDENTITAS
Klien/ Konseli
1.    Nama panggilan                         : Bagus Anindityo
2.    Tempat, tanggal lahir                 : Mojokerto, 02 Juli 1993
3.    Agama                                      : Islam
4.    Anak ke, dari sejumlah Keluarga  : ke 2  dari   bersaudara
    
5.    Nama Orang Tua                        : Ayah        : SUMANTRI
                                                      Ibu           : HARIANI
6.    Pekerjaan                                  : Ayah        : PNS
                                                      Ibu          : PNS
7.    Alamat rumah orang tua             : Perum Puri Indah
8.    Kelas / Tahun Pelajaran              : X.6/   2009-2010
                                                    : -
                                                    : -
9.    No. Induk Siswa/ NIB                 : 9052 / E.X.6.5

II.     STATUS
No.
Hari, tanggal
Hasil Konseling
Catatan
Tanda tangan
Konseli
Konselor
1.
Rabu,
7-10-2009
Konseli melatih diri untuk konsentrasi belajar.
Konseli berusaha mengatur waktu dengan baik.
Konseli berusaha berperilaku yang baik sesuai dengan nilai-nilai kehidupan
Pertemuan ke 1


2.
Sabtu,
24-10-2009
Konseli melatih diri untuk konsentrasi belajar.
Konseli berusaha mengatur waktu dengan baik.
Konseli berusaha berperilaku yang baik sesuai dengan nilai-nilai kehidupan
Pertemuan ke 2



                                                                             Mojokerto, 24 Oktober 2009
                                                                             Konselor,



Edy Sucahyono, S.Psi
Nip. 19731017 200501 1 009

CH. 87
 
SMA NEGERI 1 PURI KAB. MOJOKERTO
BIRO BIMBINGAN DAN KONSELING

REKAMAN KEGIATAN KONSELING KELOMPOK

          Jenis Masalah Identik :  Muda-mudi (pergaulan)
1.ANDINA DYAH RAHMADHANI A
2.ANGGA ARIO PRASETYO
3.ASMAUL KHUSNA
4.ATMEY VRISKA LYSTIANINGRUM
5.AYU CITRA WANGI WINDARI
( KELAS XII.IPA.4 )
          Nama-nama  Konseli : 


            

                                                  (Semuanya siswa kelas X.2)

         
Tempat Pelaksanaan   : Ruang Konseling Kelompok
          Hari, Tgl, Jam           :  Selasa, 6 Oktober 2009, 09.20 Wib

I.   ANALISA DATA :
     Uraian singkat hasil analisa data :
     Siswa merasa sulit dalam bergaul, rata-rata disebabkan karena :
1. Perasan minder                                              2. Kurang percaya diri 
3. Tidak bisa menyesuaikan diri                            4. Tidak bisa memulai pembicaraan

II.  DIAGNOSA :
     Uraian singkat identifikasi masalah :
     Konseli belum mengetahui bagaimana cara bergaul yang baik dan sehat.

III. PROGNOSA :
     Uraian singkat prediksi akibat masalah :
Apabila informasi yang berhubungan dengan masalah pergaulan tidak diberikan, maka konseli akan semakin sulit dan bermasalah dalam pergaulannya baik di sekolah atau di luar sekolah.

IV. THREATMENT :
     Uraian singkat inventarisasi alternatif penyelesaian masalah, pengujian alternatif dan pengambilan keputusan alternatif :
Memberikan layanan informasi tentang :
1.    Meningkatkan rasa percaya diri lebih dahulu agar siswa tidak ragu dalam bergaul
2.    Cara komunikasi yang baik agar siswa mengetahui cara berkomunikasi
3.    Penyesuaian diri agar siswa dpat menyesuaikan diri dalam setiap pergaulan
4.    Pergaulan yang menguntungkan agar siswa dapat memilah dan memilih teman dalam bergaul

V.  REFLEKSI :
     Uraian singkat penilaian proses konseling kelompok, dan rencana tindak lanjut :
Seluruh siswa (Konseli) yang memiliki masalah ini rata-rata sudah memiliki gambaran tentang bagaimana melaksanakan pergaulan yang sehat.
Tindak lanjut :Menanyakan kepada teman yang satu kelas dengan konseli tentang perubahan perilaku setelah diberi layanan informasi. Bagi yang masih memiliki masalah diaberikan layanan konseling individu.
                                                                            
                                                                             Mojokerto, 6 Oktober 2009
                                                                             Konselor,



Edy Sucahyono, S.Psi
Nip. 19731017 200501 1 009

SMA NEGERI 1 PURI KAB. MOJOKERTO
BIRO BIMBINGAN DAN KONSELING

REKAMAN KEGIATAN KONSELING KELOMPOK

          Jenis Masalah Identik :  Masalah Pemilihan Jurusan
1. ABDUL ROKHIM
 2.ABDULLOH HADI SASMITO
 3.ADY PRAYOGI TOMPO
 4.AKHMAD BAGUS EFENDY
 5.BAGUS ANINDITYO DARMAWAN
 6.BAGUS ARDI SETYAWAN
 7.DEVI RELAWATI
 8.DIMAS AFRIAN JAYA
          Nama-nama  Konseli :


         





         
         
         
         
          Tempat Pelaksanaan : Ruang BK
          Hari, Tgl, Jam           :  Rabu, 4 November 2009 , 11.15 Wib

I.   ANALISA DATA :
     Uraian singkat hasil analisa data :
     Siswa merasa belum memahami tentang cara memilih jurusan, rata-rata disebabkan karena :
1. Belum mengetahui ketentuan cara menentukan jurusan di SMA Negeri 1 Gondang
2. Belum mengetahui program/jurusan apa yang akan dipilih

II.  DIAGNOSA :
     Uraian singkat identifikasi masalah :
     Konseli kurang informasi tentang ketentuan/persyaratan pemilihan jurusan di SMA Negeri 1 Gondang

III. PROGNOSA :
     Uraian singkat prediksi akibat masalah :
Apabila konseli belum mengetahui dan memahami tentang program studi di SMA Negeri 1 Gondang dan persyaratannya, dikuatirkan konseli salah dalam memilih jurusan.

IV. THREATMENT :
     Uraian singkat inventarisasi alternatif penyelesaian masalah, pengujian alternatif dan pengambilan keputusan alternatif :
Memberikan layanan informasi tentang :
Ketentuan dan Persyaratan pemilihan jurusan di SMA Negeri 1 Gondang

V.  REFLEKSI :
     Uraian singkat penilaian proses konseling kelompok, dan rencana tindak lanjut :
Seluruh siswa (Konseli) yang memiliki masalah ini rata-rata sudah memiliki gambaran tentang persyaratan pemilihan jurusan di SMA Negeri 1 Gondang
Tindak lanjut : Menanyakan kepada konseli tentang jurusan yang dipilih

                                                                             Mojokerto, 4 November 2009
                                                                             Konselor,



Edy Sucahyono, S.Psi
Nip. 19731017 200501 1 009

SMA NEGERI 1 PURI  KAB. MOJOKERTO
BIRO BIMBINGAN DAN KONSELING

REKAMAN KEGIATAN KONSELING KELOMPOK

          Jenis Masalah Identik :  Studi Lanjut
          Nama-nama  Konseli : 

1.FAJAR YUSUF ARDANI
2.GIGIEH RAMADHAN BUDYANTO
3.HIDAYATUL CHUSNAH
4.I DEWA AYU TYA SARASWATI
5.IMAM ROSADI
6.KHOIRUNNISA AYU PRADANI
7.LAILA KURNIAWATI
8.LUTHFI ARDIANSAH
( KELAS XII. IPA 2 )
          Tempat Pelaksanaan : Ruang BK
          Hari, Tgl, Jam           :  Kamis, 26 November 2009, 10.20 Wib

I.   ANALISA DATA :
     Uraian singkat hasil analisa data :
Konseli rata-rata belum memahami informasi tentang perguruan tinggi secara mendalam baik fakultas maupun program stuidi yang dipilih.

II.  DIAGNOSA :
     Uraian singkat identifikasi masalah :
     Konseli kurang informasi tentang Studi lanjut/ Perguruan Tinggi
III. PROGNOSA :
     Uraian singkat prediksi akibat masalah :
Apabila Infromasi tentang studi lanjut/ Perguruan Tinggi tidak segera diberikan, maka konseli akan semakin bingung dalam merencanakan studi lanjut. Bahkan memungkinkan konseli asal pilih perguruan tinggi atau program studi

IV. THREATMENT :
     Uraian singkat inventarisasi alternatif penyelesaian masalah, pengujian alternatif dan pengambilan keputusan alternatif :
Segera memberikan layanan informasi tentang :
1. Studi lanjut atau perguruan tinggi
2. Konseli diberi brosur/edaran dari perguruan tinggi yang ada dan disuruh mencari brosur/edaran dari perguruan tinggi atau dari sumber yang lain.

V.  REFLEKSI :
     Uraian singkat penilaian proses konseling kelompok, dan rencana tindak lanjut :
Seluruh siswa (Konseli) yang memiliki masalah ini rata-rata sudah memiliki gambaran tentang Studi lanjut/ perguruan tinggi.
Tindak lanjut : Menanyakan kepada konseli tentang usaha mencari informasi dari brosur/sumber informasi lain.
                                                                             Mojokerto, 26 November 2009
                                                                             Konselor,



Edy Sucahyono, S.Psi
Nip. 19731017 200501 1 009

CH. 87
 
SMA NEGERI 1 PURI KAB. MOJOKERTO
BIRO BIMBINGAN DAN KONSELING



SURAT RUJUKAN / REFERAL



Tujuan Rujukan / Referal
Dokter
Psikolog
Psikiater

Nama dan alamat Lembaga Tujuan Rujukan / Referal


Identitas Klien

1. Nama

2. Umur

3. Jenis Kelamin

4. Kelas / T.A.

Jenis Masalah Klien

1.    Masalah fisik dan uraian singkat masalahnya

2.    Masalah psikologis, dan uraian singkat masalahnya

Penanganan dan hasil yang sudah dilaksanakan Konselor Sekolah dan UKS




      MENGETAHUI                           DIKETAHUI                           Mojokerto,_______________
      Kepala Sekolah                         Koordinator BK                      Konselor,




      __________________               __________________            _____________________

CH. 87
 
SMA NEGERI 1 PURI KAB. MOJOKERTO
BIRO BIMBINGAN DAN KONSELING


RESUME KEGIATAN BIMBINGAN KLASIKAL


             No. STP / RK                   :  _______________________________________________
             Topik                             :  _______________________________________________
             Kelas                              :  _______________________________________________
             SMT / T.P.                      :  _______________________________________________
             Hari / Tgl                        :  _______________________________________________
             Jam                                :  _______________________________________________

I.    PELAKSANAAN KEGIATAN AWAL :
      Uraian singkat apersepsi dan kerangka konseptual materi : _______________________
      ______________________________________________________________________
      ______________________________________________________________________
      ______________________________________________________________________

II.   PELAKSANAAN KEGIATAN INTI :
      Uraian singkat pelaksanaan skenario layanan dan penyajian materi : _______________
      ______________________________________________________________________
      ______________________________________________________________________
      ___ ___________________________________________________________________

III.  PELAKSANAAN KEGIATAN PENUTUP :
      Uraian singkat refleksi terhadap pelaksanaan kegiatan inti, penilaian terhadap jalannya kegiatan, dan pengambilan keputusan rencana tindak lanjut : _____________________
      ______________________________________________________________________
      ______________________________________________________________________

Catatan : Materi terlampir

                                                                                                 Mojokerto,_______________
                                                                                                 Konselor,




                                                                                                 ______________________



                                                        

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar